PMB | ALUMNI | LPPM | UJM

Bela Negara di Kesbangpol Kota Tangerang

By Superuser 1 | 08 Nov 2018, 10:21:59 WIB

Bela Negara di Kesbangpol Kota Tangerang

Keterangan Gambar : AKBID Karya Bunda Husada Turut Serta dalam kegiatan Bela Negara di Kesbangpol Kota Tangerang


AKBID KBH - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang menggelar acara Bela Negara yang berlokasi di Pusdiklantas Polri, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kegiatan Bela Negara ini diikuti oleh 80 mahasiswa yang berasal dari 13 Perguruan Tinggi se- Kota Tangerang. Salah satu nya adalah Akademi Kebidanan Karya Bunda Husada.

    

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan pada Kesbangpol Kota Tangerang, Sapardianto, Selasa (25/09).

Menurut Sapardianto bahwa kegiatan Bela Negara ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 25 September sampai 27 September 2018.

“Mereka (peserta) akan mendapatkan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika ,” kata Sapar.

Sapar menambahkan, kegiatan Bela Negara ini juga untuk membangun watak dan jiwa peserta lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala Kesbangpol Kota Tangerang, Temmy Mulyadi menerangkan, kegiatan Bela Negara ini juga untuk menumbuh kembangkan akan kecintaan terhadap tanah air.

“Kita harus melakukan upaya-upaya menjaga keutuhan bangsa Indonesia,” imbuh Temmy seraya menambahkan, menjaga keutuhan negara Republik Indonesia ini bisa dilakukan dengan mencegah peredaran narkoba, tangkal pemahaman radikalisme, melawan pergerakan terorisme hingga pengawasan terhadap orang asing.

“Kita harus menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di wilayah Kota Tangerang,” jelasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019. Inpres ini bertujuan agar upaya bela negara lebih terstruktur, sistematis, masif, dan terstandardisasi.

Jokowi menginstruksikan para pejabat ini untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019 yang terdiri tiga tahap, yaitu sosialisasi, internalisasi nilai dasar bela negara, dan tahap aksi gerakan.

( SUMBER : www.palapanews.com )