PMB | ALUMNI | LPPM | UJM

Pelatihan (Sosialisasi) Hypnobirthing

By Superuser 1 | 08 Mei 2017, 09:27:24 WIB

Pelatihan (Sosialisasi) Hypnobirthing

Keterangan Gambar : Pelatihan (Sosialisasi) Hypnobirthing


Berasal dari kata Yunani, Hypnos yang berarti tidur/pikiran tenang. Birthing adalah proses kehamilan sampai melahirkan. Pertama kali dikembangkan oleh Marie Mongan sejak tahun 1959. Hypnobirthing adalah upaya alami menanamkan niat kepikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sabar (www.hypno-birthing.web.id).

Menurut Lanny Kuswandi, terapis Pro V Clinic (Holistic Health Care) hypnobirthing adalah relaksasi dengan penambahan sugesti melalui usapan. Tangan menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Bahkan cara ini telah dilakukan oleh para ibu hamil ketika bayinya meronta dalam kandungan. Untuk menenangkan sang bayi, biasanya ibu akan mengusap perutnya diiringi dengan membisikan kalimat-kalimat lembut. Niat positif untuk ibu hamil adalah bayi tumbuh sehat jasmani dan rohani sampai kehamilan 9 bulan menghadapi proses persalinan dengan alami, nyaman dan lancar. (www.hypno-birthing.web.id).

Melalui latihan-latihan yang diberikan oleh bidan, ibu akan belajar memasuki kondisi relaksasi yang dalam, sehingga wanita hamil akan mampu menetralisir rekaman negatif  yang ada di alam bawah sadarnya serta menggantinya dengan memasukan program positif.

Dalam latihan hypno-birthing, wanita hamil juga akan lebih peka terhadap janinnya sehingga mampu berkomunikasi dengan si janin, bahkan bekerja sama ketika persalinan. Hypno-birthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti, dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu pikiran, serta mengendalikan napas klien. Ibu hamil dapat melakukan proses ini sendiri (self hypnosis) atau dengan bantuan bidan. Prosesnya bisa dilakukan dengan memberikan afirmasi verbal yang membantu klien memasuki kondisi tenang (calm state) dari hipnosis, melalui visualisasi (membayangkan sesuatu yang indah) atau menggunakan gerakan idiomotor untuk mencapai relaksasi.

Tehknik hypno-birthing sangat sederhana dan mudah. Kuncinya adalah praktik, baik di kelas antenatal (persiapan kelahiran) maupun di rumah sehingga teknik-teknik dalam hypno-birthing dapat menjadi kebiasaan bagi calon ibu untuk mencapai dan menciptakan kondisi relaksasi selama kehamilan dan menghadapi persalinan.

Pengaruh Stres atau Takut pada Proses Persalinan

Sebuah penelitian ilmiah menunjukan bahwa terdapat perubahan hormonal tertentu ketika seseorang dihadapkan pada rasa takut, stress, dan kecemasan yaitu adrenalin. Dan pada ibu bersalian apabila terjadi peningkatan kadar hormon adrenalin, maka dapat menekan kadar hormonoksitosin (hormone perangsang kontraksi rahim). Selain itu juga, ada hormon katekolamin yang menyebabkan persalinan macet.

Saat merasa takut, tubuh akan mengalihkan darah dan oksigen dari organ pertahanan non-esensial menuju kelompok otot besar di wilayah kaki dan tangan. Akibatnya, area wajah ‘ditinggalkan’, sehingga ada ungkapan “pucat karena ketakutan”. Dalam sirtuasi yang menakutkan, tubuh mempertimbangkan bahwa uterus atau rahim adalah organ yang tidak penting. Menurut Dr. Rick-Read, rahim pada wanita yang ketakutan secara kasat mata memang tampak putih. Rasa cemas dan takut menyebabkan rasa nyeri dan membuat rahim semakin keras berkontraksi.

  • Kecemasan dan ketakutan memacu keluarnya adrenalin, menyebabkan serviks menjadi kaku, dan membuat proses persalinan lebih lambat.
  • Kecemasan dan ketakutan menyebabkan pernapasan menjadi  tidak teratur, mengurangi asupan sirkulasi oksigen bagi tubuh dan janin.
  • Pada akhirnya, kecemasan dan ketakutan membuat jantung memompa lebih cepat sehingga tekana darah semakin tinggi.

Hypno-birthing mengeksplorasi mitos bahwa rasa sakit adalah hal yang wajar dan dibutuhkan saat melahirkan normal. Saat wanita yang melahirkan terbebas dari rasa takut, otot-otot tubuhnya, termasuk otot rahim, akan mengalami relaksasi yang membuat proses kelahiran jadi lebih mudah dan bebas stress.

MANFAAT HYPNOBIRTHING

Tujuan hypnobirthing bukan hanya melahirkan tanpa rasa sakit, tapi yang utama adalah bayi dalam kandungan.
Manfaat dari hypnobirthing, yaitu :

1. Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi.
2. Endorphin adalah neuropeptide yang dihasilkan tubuh pada saat relaks/tenang.
3. Pada saat stres endorphin terhalang oleh kortisol.
4. Endorphin dihasilkan di otak dan susunan syaraf tulang belakang.
5. Kondisi tenang dan damai selama hamil akan dirasakan oleh janin di dalam kandungan dan membentuk SQ (nilai kedamaian diri).
6. Meningkatkan ikatan batin.
7. Mengurangi rasa mual, muntah, pusing dll.
8. Menciptakan keadaan yang seimbang sehingga pertumbuhan fisik dan jiwa bayi lebih sehat.
9. Mencegah post-partum depression.
10. Meningkatkan produksi ASI