PMB | ALUMNI | LPPM | UJM

SEMINAR KANKER SERVIKS DENGAN TEMA MENINGKATKAN SUMBER DAYA BIDAN DALAM ERADIKASI KANKER SERVIKS

By Superuser 1 | 27 Nov 2017, 15:38:45 WIB

SEMINAR KANKER SERVIKS DENGAN TEMA MENINGKATKAN SUMBER DAYA BIDAN DALAM ERADIKASI KANKER SERVIKS

Keterangan Gambar : Foto Bersama Staff AKBID KBH, Narasumber & Ibu Walikota Tangerang Selatan


AKBID KBH - Dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme profesi tenaga kesehatan untuk menjadikan Bidan terampil mampu laksana IVA Test dalam program eradikasi kanker serviks maka AKBID Karya Bunda Husada bekerjasama dengan Female Health Care mengadakan Seminar & Kuliah Umum tentang peranan Bidan dalam Eradikasi Kanker Serviks ini guna menambah wawasan & keterampilan dalam hal Deteksi Dini kanker Serviks dan pemahaman yang benar tentang kanker serviks. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada tanggal 30 September 2017 bertempat di Gedung Pertemuan Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Jl. Satria Sudirman No.1, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Banten,15111

Tema seminar mengenai kanker serviks ini sangat penting karena semua perempuan beresiko mengidapnya. Saat ini kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Tiap hari di Indonesia ada 40 wanita yang terdiagnosa menderita kanker serviks dan 20 wanita meninggal karena kanker.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Walikota Tangerang Selatan, dalam sambutannya Ibu walikota mengatakan menyambut baik kegiatan seminar kesehatan tentang kanker serviks dan sekaligus membuka acara seminar kesehatan.

Seminar ini diikuti oleh pihak internal yaitu seluruh Mahasiswa Tingkat I, II dan III dan perwakilan Alumni AKBID Karya Bunda Husada serta eksternal yaitu tenaga kesehatan dan mahasiswa dari Institusi lain.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Direktur AKBID Karya Bunda Husada menyebutkan, seminar merupakan kegiatan yang harus rutin dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan bagi kita semua.

Angka kesakitan dan angka kematian kanker serviks di Indonesia yang sangat tinggi bahkan menyerang perempuan-perempuan Indonesia dalam masa produktif aktif dan juga berdampak pada keluarga yang akhirnya mempengaruhi produktifitas nasional.

Usai sambutan dari direktur dilanjutkan dengan penyampaian materi dari IBI Provinsi Banten yaitu Ibu Yani Purwasih, SKM, M.Kes beliau menyampaikan peran dan fungsi bidan dalam eradikasi kanker Serviks, diupayakan agar semua bidan mampu untuk mendeteksi awal gejala kanker serviks yaitu dengan metode IVA.

Sampailah pada acara inti yaitu seminar mengenai kanker serviks yang disampaikan dr.Hj.Ira Simatupang,SpOG / Female Health Care & RS.Hermina Tangerang dan Dr.dr.Laila Nuranna,SpOG (K) / Female Cancer Program FKUI RSCM, para narasumber menjelaskan secara gamblang apa itu kenker serviks, ciri dan gejalanya serta cara medeteksinya, dan semua peserta juga diajarkan bagaimana mengenali apakah itu gejala yang mengarah ke kanker serviks atau bukan. Usai paparan materi, selanjutnya acara banyak diisi dengan berbagai pertanyaan dari para peserta seminar.